Androgyny Me

Me & My Androgynyous World

Cinta Beda Usia? Ga Masalah!

leave a comment »

Cinta itu datangnya tiba-tiba and ga kenal jenis kelamin, kita bisa jatuh cinta sama siapa aja baik cowo ataupun cewe (aq sie jelas prefer cewe lah hehe..). Selain itu cinta juga ga kenal batas usia, kita sering ngeliat pasangan beda usia yang cukup jauh (contohnya artis-artis di tipi tuh), lho tapi koq hetero semua ya?

Eiitss..jangan salah cinta beda usia juga bisa terjadi di dunia lesbian lho (Ellen sama Portia tuh contohnya). Bisa aja kan kita jatuh cinta sama seseorang yang jauh lebih muda atau bahkan sama yang jauh lebih tua.

Cinta Beda Usia? Ga Masalah!

Cinta Beda Usia? Ga Masalah!

Beberapa orang bilang meskipun berbeda umur itu bukan masalah, tapi sebenernya itu bisa jadi masalah kalo kita ga saling memahami dan menghargai. Gimana sih biar usia itu ga menjadi kendala dalam suatu hubungan?

Pertama, meskipun kalian bilang udah sayang banget satu sama lain tapi tetep aja yang namanya beda usia pasti ada masalahnya, kenapa? coz kalian mengalami perbedaan era hidup. Gf kalian jelas udah lebih banyak makan asam garam dibanding kalian. Ini bisa aja memicu konflik dalam hubungan kalian, karena gimanapun juga semua orang akan berubah seiring dengan perubahan dalam fase hidupnya (termasuk kalian juga kan?).

Cinta Beda Usia? Ga Masalah!

Cinta Beda Usia? Ga Masalah!

Contohnya nie, seorang cewe yang umurnya di 20-an tentu masih suka kumpul-kumpul sama temen-temennya, kuliah, cari kerjaan, dll. Sedangkan cewe yang umurnya di sekitar 30-an atau menjelang 40-an biasanya cenderung lebih suka berdiam di rumah, karena mereka udah mapan dan lebih berorientasi keluarga.

Cinta Beda Usia? Ga Masalah!

Cinta Beda Usia? Ga Masalah!

Cewe yang berumur 20-an meskipun mereka terbilang cukup dewasa di usianya, tetep aja ga akan punya pengalaman hidup yang sama dengan cewe yang udah berumur 40-an. Tapi, jangan berpikir kalo hubungan ini ga bisa dijalanin, bedanya dengan hubungan yang seumuran, hubungan dengan usia yang berbeda lebih menantang (ni buat yang suka tantangan patut dicoba hehe..).

Beda usia 10, 20, atau 30 Tahun
Jauhnya jarak antara kalian bisa menjadi faktor penyebab adanya konflik. Kalo beda usianya kurang dari 10 tahun mungkin ga terlalu bermasalah, tapi gimana kalo bedanya diatas 15 tahun? Itu bisa jadi rumit and penuh tantangan, misalnya nie yang satu berusia 16 tahun, yang satu lagi usianya 31 tahun. Saat yang satu udah bisa pergi clubbing yang satu masih dibawah umur dan masih sekolah.

Cinta Beda Usia? Ga Masalah!

Cinta Beda Usia? Ga Masalah!

Seperti kebanyakan masalah-masalah yang ada dalam suatu hubungan, apakah itu masalah ekonomi, perbedaan suku, ataupun klas sosial, penting untuk kalian mengetahui akar masalah yang memungkinkan untuk timbul konflik di masa yang akan datang. Komunikasi yang baik dan kepercayaan sangat penting dalam keberhasilan suatu hubungan.

Cinta Beda Usia? Ga Masalah!

Cinta Beda Usia? Ga Masalah!

Tekanan dari Luar
Tekanan dari luar ini maksudnya adalah keluarga dan teman. Meskipun kalian merasa udah cocok satu sama lain, tapi kalo perbedaan umur kalian dengan pasangan cukup jauh, biasanya suka ada pertentangan dari keluarga atau pun teman (apalagi yang punya grup temen seumuran, tau sendirilah kadang mereka suka ikut-ikutan gitu). Jadi, usahakan kalo bisa nie kalian nge-grup dengan orang-orang dari berbagai umur, dan pastiin juga kalian mengenalkan diri sebagai pasangan, jadi orang-orang di sekitar kalian mengenal kalian sebagai pasangan.

Tujuan hidup
Ini jauh lebih penting dibandingin masalah perbedaan usia. Inilah indikator yang bisa menjadikan hubungan kalian sukses atau ga. Jadi, pastiin kalo kalian memiliki tujuan hidup yang sama. Contohnya, bisakah kalian melihat diri kalian 10 tahun yang akan datang? Apa kalian selalu kompak dalam keseharian? Apakah kalian saling berbagi hobi, kesukaan, dan nilai-nilai spiritual?

Cinta Beda Usia? Ga Masalah!

Cinta Beda Usia? Ga Masalah!

Perbedaan Lainnya
Uang dan seks adalah masalah yang sering diributkan oleh pasangan. Usia seseorang bisa berkontribusi juga dalam menyebabkan hal ini. Cewe yang lebih tua biasanya pendapatannya lebih besar daripada yang muda. Dan semakin tua usia kita, tentu aja sifat ‘pengen’ kita pun semakin berkurang. Sementara, untuk seksualitas makin berumur seorang cewe hasrat seksualnya tentu aja berbeda dengan mereka yang berusia muda. Kalo kalian semua bisa menerima keadaan seperti ini, dijamin hubungan kalian bakal terjalin dengan baik.

Cinta Beda Usia? Ga Masalah!

Cinta Beda Usia? Ga Masalah!

Cinta dan ketertarikan seksual itu emang penting dalam suatu hubungan, tapi ada yang jauh lebih penting dibandingiin itu semua yaitu komunikasi, kepercayaan, dan saling menghargai. Jadi, buat kalian yang lagi berhubungan dengan pasangan yang berbeda usia ga perlu kuatir, hubungan itu bisa tetep berjalan kok, asalkan kalian saling memahami dan menghargai satu sama lain.


Dirangkum dari berbagai sumber

Written by androgynyme

July 1, 2011 at 10:46 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: